5 Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Pesta 7 Gol ke Gawang Nepal: Rekor Marselino Ferdinan

Prediksi Parlay – Timnas Indonesia menang besar pada laga pemungkas grup A putaran ketiga babak Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuad Garuda pesta 7-0 ke gawang Nepal di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (15/06/2022) dini hari WIB.

Lima gol Timnas Indonesia masing-masing dicetak oleh Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan. Sementara dua gol lainnya disumbangkan Witan Sulaeman.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Mereka menjadi salah satu runner-up terbaik setelah finis dengan enam poin dan surplus tujuh gol.

Kemenangan besar tersebut juga menghasilkan sejumlah fakta dan catatan menarik. Berikut lima di antaranya yang berhasil dirangkum Bola.net dari berbagai sumber.


Clean Sheet Pertama

Prediksi Parlay – Penjaga gawang Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata berhasil mencatatkan clean sheet pertama pada putaran ketiga babak kualifikasi Piala Asia 2023. Dia mampu mengamankan gawang Skuad Garuda dari kebobolan.

Dalam dua laga sebelumnya, Nadeo masih kebobolan masing-masing 1 gol. Yakni Timnas Indonesia menang 1-2 atas tuan rumah, Kuwait dan kalah 1-0 dari Yordania.

Sepanjang putaran ketiga, Nadeo memang selalu tampil mengesankan. Bahkan pada laga kedua melawan Yordania, ia mampu menggagalkan penalti lawan.


Kemenangan Terbesar

Prediksi Parlay – Sepanjang putaran ketiga babak kualifikasi Piala Asia 2023, kemenangan Timnas Indonesia atas Nepal menjadi yang terbesar. Sebab, Skuad Garuda mampu menang dengan skor mencolok 7-0.

Sebelumnya kemenangan terbesar sempat dipegang Palestina. Mereka mengalahkan Yaman dengan skor telak 5-0 pada laga kedua Grup B yang berlangsung di Mongolia.

Palestina mematahkan rekor kemenangan Tajikistan atas Myanmar pada laga sebelumnya. Kala itu, tim dari Asia Tengah tersebut menang dengan skor 4-0.


Pencetak Gol Termuda

Prediksi Parlay – Marselino Ferdinan menjadi pencetak gol termuda pada babak kualifikasi Piala Asia 2023. Dia ikut membobol gawang Nepal pada menit 90′ dan menggenapkan keunggulan Skuad Garuda menjadi 7-0.

Wonderkid Persebaya Surabaya tersebut berusia 17 tahun 6 bulan dan 15 hari. Dia juga menjadi pemain termuda yang tampil pada turnamen antar negara paling bergengsi di Benua Kuning tersebut.

Marselino juga selalu dimainkan dalam dua pertandingan terakhir babak kualifikasi Piala Asia 2023. Kendati, dia turun dari bangku cadangan.


Pencetak Gol Terbanyak

Prediksi Parlay – Tambahan dua gol ke gawang Nepal membuat Witan Sulaeman menjadi pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia sejak babak play-off. Dia sudah membukukan total tiga gol untuk Skuad Garuda.

Gol pertama Witan Sulaeman dicetak ke gawang Taiwan pada leg kedua babak play-off kualifikasi Piala Asia 2023. Kala itu, pertandingan berlangsung di Buriram Stadium, Thailand.

Witan juga masuk dalam jajaran top skor pada babak kualifikasi Piala Asia 2023. Dia hanya kalah dari Sunil Chhetri dari India yang membukukan empat gol.


Penantian 15 Tahun

Prediksi Parlay – Kemenangan atas Nepal kembali mengantarkan ke Timnas Indonesia ke Piala Asia. Skuad Garuda lolos setelah menjadi salah satu runner-up terbaik.

Timnas Indonesia mengoleksi 6 poin dari 3 pertandingan pada putaran ketiga. Anak asuh Shin Tae-yong hanya kalah dari Yordania di laga kedua.

Keberhasilan tersebut membuat Indonesia akan kembali mentas di Piala Asia setelah penantian selama 15 tahun. Skuad Garuda tampil terakhir kali pada Piala Asia 2007.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Contact Us
TimelinesAI