Formasi 4-3-2-1: Elkan Baggott Comeback, Ini Perkiraan Starting XI Timnas Indonesia vs Malaysia

liga365

Liga365 – Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia pada laga pemungkas grup B Piala AFF 2020. Duel akan berlangsung di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) pukul 19.30 WIB.

Laga ini cukup penting bagi Timnas Indonesia karena akan menentukan peluang lolos ke babak semifinal. Meskipun skuad Garuda hanya butuh hasil imbang kontra Malaysia.

Namun, sebelum menghadapi Malaysia, sejumlah pemain dilaporkan mengalami cedera. Seperti Asnawi Mangkualam Bahar dan Witan Sulaeman yang bermasalah saat menghadapi Vietnam.

Akan tetapi, pada laga ini, Skuad Garuda kemungkinan sudah bisa diperkuat Elkan Baggott. Mengingat, bek Ipswich Town tersebut akan menyelesaikan karantina sehari jelang laga.

Merujuk kondisi skuad Timnas Indonesia jelang laga kontra Malaysia dan potensi comeback-nya Elkan Baggott. Berikut perkiraan Starting XI yang bakal diturunkan Shin Tae-yong dengan formasi 4-3-2-1.


Kiper: Nadeo Argawinata

Liga365 – Setelah jadi starter kontra Vietnam, Nadeo Argawinata berpotensi kembali dipercaya di bawah mistar gawang Timnas Indonesia. Kiper Bali United tersebut menunjukkan performa apik.

Terlepas dari kokohnya pertahanan Timnas Indonesia melawan Vietnam, Nadeo juga melakukan satu penyelamatan penting. Termasuk 1 tangkapan dan 1 pukulan.


Bek Kiri: Pratama Arhan

Liga365 – Setelah kembali dari cedera, Pratama Arhan nampaknya akan terus menjadi pilihan di sektor bek kiri. Penampilannya juga cukup memuaskan saat Timnas Indonesia menahan Vietnam.

Pratama Arhan dapat membantu pertahanan dan penyerangan sama baiknya. Dia kerap melepas long ball yang kemudian dimanfaatkan lini serang untuk menjadi gol.


Bek Tengah: Elkan Baggott

Liga365 – Elkan Baggott berpotensi dipilih sebagai starter melawan Malaysia. Bek Ipswich Town tersebut dijadwalkan menyelesaikan masa karantina, Sabtu (18/12/2021) hari ini. Kehadiran Elkan Baggott di lini pertahanan Timnas Indonesia sangat diharapkan. Karena pertandingan melawan Malaysia akan menentukan nasib Skuad Garuda.


Bek Tengah: Alfeandra Dewangga

Liga365 – Alfeandra Dewangga merupakan salah satu pemain yang tak tergantikan di lini pertahanan Timnas Indonesia. Bahkan, dalam laga kontra Vietnam, dia terpilih sebagai man of the match. Statistiknya juga cukup mentereng dalam menjaga pertahanan yakni 8 sapuan, 3 block, dan 13 intersep. Dia juga mencatatkan 3 tekel sukses dan 1 asisst.


Bek Kanan: Rizky Dwi Febrianto

Liga365 – Rizky Dwi Febrianto kemungkinan akan jadi pilihan utama di posisi bek kanan. Karena Asnawi Mangkualam sempat mengalami cedera melawan Vietnam. Baru tampil selama 20 menit, bek Arema FC tersebut turut membantu mengawal pertahanan dengan 1 sapuan dan 1 block.


Gelandang Bertahan: Rachmat Irianto

Liga365 – Selalu menjadi starter dalam tiga laga sebelumnya membuat Rachmat Irianto akan kembali dipercaya sebagai gelandang bertahan. Meski dalam dua laga terakhir, dia selalu diganti. Rian, sapaannya, mampu melakukan tugasnya dengan baik dalam memotong serangan lawan. Tampil selama 180 menit, pemain Persebaya itu mencatatkan 3 sapuan, 2 block dan 5 intersep.


Gelandang Tengah: Evan Dimas

Liga365 – Masuk dalam daftar cadangan pada laga kontra Vietnam, Evan Dimas berpotensi kembali dipercaya sebagai starter. Tenaganya sangat dibutuhkan di lini tengah Skuad Garuda. Dalam urusan menciptakan peluang, dia menjadi yang terbaik dari penggawa Timnas Indonesia lainnya. Dia juga mampu melepaskan 5 umpan kunci, 1 asisst dan 2 gol.


Gelandang Tengah: Ricky Kambuaya

Liga365 – Selain Alfeandra Dewangga, pemain yang belum tergantikan dalam skuad Timnas Indonesia adalah Ricky Kambuaya. Dia tampil selama 270 menit dan selalu jadi pilihan utama Shin Tae-yong. Ricky Kambuaya merupakan tipikal gelandang yang bisa membantu penyerangan dan pertahanan. Tak heran, gelandang Persebaya itu menjadi pemain andalan.


Sayap Kiri: Irfan Jaya

Liga365 – Irfan Jaya sejauh ini masih terus mendapat kepercayaan di posisi bek kiri. Belum bergabungnya Egy Maulana Vikri membuatnya selalu dilirik Shin Tae-yong.

Irfan juga mampu membayar kepercayaan yang diberikan. Winger PSS Sleman itu menyumbang 1 gol dan 1 assist untuk Timnas Indonesia.


Sayap Kanan: Yabes Roni

Liga365 – Yabes Roni berpeluang mendapat kesempatan main dari awal setelah pada laga melawan Vietnam dia menggantikan Witan Sulaeman. Witan ditarik keluar karena cedera.

Karena hanya tampil selama 11 menit melawan Vietnam, tak banyak yang bisa ditampilkan Yabes. Namun, performanya cukup menjanjikan.


Penyerang: Kushedya Yudo

Liga365 – Meski belum mencetak gol, Kushedya Yudo layak untuk kembali mendapatkan kesempatan sebagai starter. Dia punya beberapa kelebihan yang belum dimiliki penyerang lain.

Tampil dua kali bersama Timnas Indonesia, Yudo mencatatkan 4 dribel sukses. Dia juga punya rata-rata akurasi umpan di atas 90 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us
TimelinesAI