Kontroversi Gol Kylian Mbappe ke Gawang Spanyol, Kok Gak Offside?

Liga365

Liga365 – Gol Kylian Mbappe dalam duel final UEFA Nations League menimbulkan kontroversi. Mbappe membantu Prancis mengalahkan Spanyol dengan skor tipis 2-1.

Bermain di San Siro, Senin (11/10/2021), dua tim top ini menyuguhkan permainan level tinggi. Spanyol lebih dominan menguasai bola dan menciptakan peluang, tapi Prancis lebih efektif dalam menuntaskan serangan.

Spanyol unggul terlebih dahulu lewat Mikel Oyarzabal (64′), Prancis membalikkan kedudukan melalui Karim Benzema (66′) dan Kylian Mbappe (80′).

Nah, gol Mbappe inilah yang dinilai berbau offside. Apa yang terjadi?


Proses gol Mbappe

Liga365 – Mbappe menjemput umpan terobosan Theo Hernandez untuk menaklukkan Unai Simon dalam duel satu lawan satu. Eksekusi Mbappe tenang dan sempurna, layak jadi gol penentu.

Namun, tayangan ulang menunjukkan bahwa Mbappe berada di posisi offside. Mbappe memang tampak berlari lebih dulu dari barisan bek Spanyol, dia offside setidaknya setengah kaki.

Pemain-pemain Spanyol pun sempat protes keras pada wasit Anthony Taylor yang memimpin pertandingan. Namun, hakim garis bergeming tidak mengangkat bendera.

VAR juga mengintervensi, memutuskan bahwa Mbappe tidak offside meski posisinya melewati garis petahanan Spanyol.


Sentuhan Garcia

Liga365 – Situasi Mbappe ini dijelaskan oleh mantan wasit Luca Marelli dan Tiziano Pieri. Mengutip Football Italia, Mbappe memang tidak terjebak offside sesuai peraturan yang berlaku.

Saat itu, jebakan offside Spanyol dirusak oleh bek Spanyol sendiri, Eric Garcia. Dia menyentuh tipis bola umpan Theo Hernandes sebelum sampai diterima Mbappe.

Sentuhan Garcia disengaja, artinya dia me-reset permainan dan berarti Mbappe tidak offside. Memang keputusan ini sulit, media Spanyol protes keras, tapi sesuai rules of the game FIFA, Garcia sengaja menyentuh bola, berarti offside dihapus.

Kedua wasit senior tersebut juga mengakui aturan tersebut ada, meski mungkin tidak bisa diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *